Robotika

AI – Artificial Intelegence

Hi there. Kita masih akan membahas tentang bagian dari sistem cerdas. Yang akan kita bahas sekarang adalah kecerdasan buatan, atau bahasa gaulnya adalah “Artificial Intelligence (AI)”. Sebenarnya, apa sih AI itu? Tujuan dibuat AI itu apa? Digunakan untuk apa saja AI itu? Tulisan berikut ini mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Mungkin jawaban yang akan saya tulis ini belum benar dann kurang tepat. Tapi semoga bisa membantu saja.. J

Pertama adalah definisi AI. Berikut ini beberapa definisi AI dari beberapa sumber yang saya dapatkan.

Menurut H. A. Simon (1987), “Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang –dalam pandangan manusia adalah– cerdas”.

Menurut Rich and Knight (1991), “Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia”.

Menurut Encyclopedia Britannica, “Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”.

Menurut Idhawati Hestiningsih, “Bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia”.

Jadi, kecerdasan buatan itu merupakan suatu cara bagaimana membuat mesin (dalam hal ini bisa dikatakan robot) menjadi cerdas, yaitu dapat melakukan hal-hal yang dapat dilakukan oleh manusia.

Tujuan adanya AI menurut John McCarthy (1956) adalah Untuk mengetahui dan memodelkan proses – proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia. Sedangkan menurut Winston dan Prendergast (1984) tujuan dibuatnya AI ada 3, yaitu membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama), memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah), dan membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial).

Seperti disebutkan pada tujuan diatas, penggunaan AI ini mencakup banyak hal, seperti contohnya dalam sebuah game dan dalam pembuatan robot yang diusahakan semirip mungkin dengan manusia. Namun dalam membuat robot ini diperlukan kemampuan yang sangat hebat. Hal ini karena manusia memiliki dua hal penting, yaitu hal yang berkaitan dengan pikiran dan hal yang berkaitan dengan perasaan.

Hal-hal yang berkaitan dengan pikiran manusia secara garis besar masih dapat dirumuskan dalam sebuah persamaan matematik. Sekalipun hal ini sangata sulit dilakukan, tapi kemungkinannya masih ada dan bisa dilakukan. Sedangkan untuk hal-hal yang berkaitan dengan perasaan dan emosi manusia masih sangat jauh untuk bisa ditiru oleh robot. Sebenarnya, untuk membuat sistem AI yang dapat dimasukkan dalam sebuah robot dengan konsep meniru kecerdasan manusia yang memiliki 10 sampai 100 miliar neuron, diperlukan paling tidak 70.000 pemikiran setiap harinya dan dapat mengontrol serta membaca emosi yang dalam otak manusia merupakan kerja dari amygdala.

Dengan adanya perkembangan teknologi, sekarang sedang dikembangkan sebuah robot yang dapat berinteraksi dengan manusia. Robot ini diajarkan mengenali objek, mengambil dan menyusun objek dengan tepat serta dapat berbicara dan merespon ucapan manusia. Berikut ini contoh robot yang sedang dikembangkan (iCub).

Meskipun robot iCub ini masih dalam tahap perkembangan dan masih sangat jauh dari kata sempurna, robot iCub tersebut sudah dapat mengenali objek dengan baik dan dapat mengambil objek yang dierikan padanya dengan gaya dan tekanan yang pas sehingga objek yang diambil (digenggam) tidak hancur atau jatuh. Robot ini juga bisa membedakan mana yang benda lunak dan mana yang keras. Hal itu merupakan hal-hal sederhana namun manusiawi untuk dilakukan sebuah robot.

Dengan adanya perkembangan dari AI ini nantinya dunia akan berada dalam sistem yang semuanya serba otomatis, seperti dalam video berikut ini.

Demikian pembahasan tentang Artificial Intelligence. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk semua yang membacanya.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s