Jaringan Komputer · Tips dan Trik

RT – RW Net (Internet Murah)

Selamat datang..

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang RT-RW Net yang baru saya pelajari. Kebanyakan orang memanfaatkan ini untuk bisnis ISP. Biasanya mereka membeli bandwidth dengan provider ISP resmi seperti Telkom. Lalu memecahkan / membagi internet yang ia dapat ke customer yang mereka targetkan seperti gambar berikut :

image

Untuk membuat sebuah bisnis RT-RW net kita tidak perlu bingung dan berfikir panjang. Pertama, kita harus mengetahui apakah didaerah kita sudah difasilitasi internet oleh provider atau tidak. Lalu lihat pangsa pasar yang ada. Jika kita tinggal di lingkungan orang kaya sepertinya hal itu hanya sia-sia. Karena mereka tentu lebih memilih menggunakan Provider resmi untuk mendapatkan konesi internet kerumahnya. Jika kita menawarkan bisnis ini diarea yang ekonominya sangat rendah juga tidak akan efektif, karena untuk biaya hidup saja sulit. Apalagi harus membayar biaya internet. Oleh karena itu anda harus pastikan bahwa RT-RW net yang akan anda bangun memiliki lingukungan dengan kondisi yang stabil dan baik.

Membangun RT-RW net membutuhkan sedikit pengetahuan tentang telekomunikasi dan jaringan komputer. Karena untuk disana kita akan banyak bermain di ranah jaringan tersebut.

Disini saya akan menggunakan perangkat-perangkat yang menurut saya cukup untuk digunakan.
Mikrotik => RB751U – 2HND
Harga : Rp.500an
Alasan : Harganya yang sangat terjangkau merupakan salah satu alasan mengapa saya memilih ini, selain itu semua fungsi router dan gateway juga dimilih.
Maksimal user adalah 100 users.

2. Modem => Ubiquiti BULLET-M2-HP Outdoor 802.11b/g M2HP
Harga : Rp.600an
Alasan : Memiliki tenaga dan performa yang cukup baik dengan teknologi wifi terbaru 802.11N dan memiliki transfer data 100 lebih Mbps (luarbiasa) dan jangkauan yang lebih jauh. Power rata-rata adalah 600 mw membuat perkangkat ini dapat menjangkau 2-3 KM area untuk dipasang RT-RW Net. Memiliki packet loss sangat kecil karena perangkat ini dapat langsung di pasang di antena tanpa perlu menggunakan pigtail.

3. POE => Adaptor PEO
Harga : 100rb-an
Alasan : Modem Ubiquiti akan diletakkan diluar karena akan terhubung langsung dengan antena. Untuk mengaliri listrik kita akan menggunakan kabel ethernet (POE) sehingga kita tidak perlu menarik kabel listrik keluar.

4.Antena : Hyperlink Omni Directional
Harga : Rp.1,2 Jutaan.
Alasan : Untuk saat ini dilain harga nya yang murah, antena ini dapat mencakup sekeliling sekitar karena bersifat akan memancarkan frequensi 360derjat.

5.Receiver (Client) : TP-LINK 5210

Mungkin itu saja dulu yang dapat tulis.

Saya akan segera menyelesaikan tulisan ini.

2 thoughts on “RT – RW Net (Internet Murah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s