Organisasi

Last moment in Detech 2011

Detech merupakan singkatan dari desa teknologi. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja BEM yang berada di bawah naungan kementerian pengabdian masyarakat (pengmas). Program yang diusung oleh salah satu menteri yang sampai saat ini masih terus berjalan. Dulunya konsep detech ini adalah untuk mengabdikan mahasiswa politeknik telkom yang memiliki kemampuan ICT dan menyalurkannya kepada remaja sekitar. Tujuannya membentuk karakter masyarakat yang tidak gagap terhadap teknologi. Kami membuat sebuah kelompok belajar yang rutin diadakan tiap minggu. Disini kami memfasilitasi adik-adik remaja kawasan pendidikan telkom yang ingin belajar ICT dengan laptop yang kami miliki. Pejalarannya sangat mengasikkan dan materi yang diberikan disampaikan oleh orang yang memiliki pengalaman lebih seperti asisten dosen, praktikum dan laboratarium.

Pada tahun 2011 ini, detech sedikit lebih berwarna, karena kita tidak hanya melakukan pembelajaran ICT pada satu tempat. Tahun sebelumnya detech diadakan di kantor desa sukapura. Namun untuk tahun ini beda. Kita memfasilitasi adik-adik yang belajar di detech dengan meminjam ruangan kelas yang ada di Politeknik Telkom. Kelasnya menggunakan AC, Papan Tulis dan Proyektor sebagai tampilannya. Hal ini sangat menarik antusias dari adik-adik yang mengikuti detech. Kurang lebih 90 orang peserta terdaftar dalam kegiatan ini.

Selain itu, kegiatan ini juga didukung penuh oleh pemda Jawa Barat, dalam hal ini Bapak Gubernur Ahmad Heriawan yang sangat mendukung kami dengan memberikan bantuan dalam bentuk materi. Untuk mendapatkan hal tersebut tidak segampang membalikkan tangan. Banyak yang harus kami korbankan, waktu, materi, pikiran dan lain-lain. Saya pribadi sangat terkesan dengan semangat teman-teman yang mensukseskan acara ini terutama menteri pengabdian masyarakat Fajri Maulana. Ia merupakan sosok panutan yang baik dikabinet ini. Gigih dan loyal terhadap apa yang menjadi tugasnya. Dengan kegigihannya serta doa yang kami berikan membuat kegiatan ini dapat dukungan dana dari Pemda Jawa Barat. Selain itu saya juga ingin mengucapkan terima kasih banyak buat bang yusuf sebagai asisten pak gubernur. Dalam hal ini beliau sangat berperan penting  dalam mendukung kami untuk mendistribusikan dana tersebut.

Tak banyak yang bisa kami lakukan, hanya niat yang tulus dan demi menjadi orang yang paling bermanfaat bagi masyarakat sekitar lah yang kami punya. Namun hal ini dibayar mahal oleh para perserta yang konsisten menjalankan kegiatan yang kurang lebih 3 bulan ini. Satu pesan saya dalam sambutan terakhir kepada para tamu yang hadir dan adik-adik yang tercinta, “mari sama-sama kita mengajak adik-adik yang mungkin belum berkesempatan ikut kegiatan detech 2011 ini agar dapat mengikuti kegiatan ini selanjutnya”.

Tibalah pada akhir kegiatan. Pada penutupan yang dihadiri kurang lebih seratur orang ini, kami diperlihatkan hasil kreasi adik-adik detech 2011 yang membuat sablon dengan peralatan yang sederhana. Mereka membuat sablonan dengan logo detech di sebuah baju putih yang masih putih. Saya sangat terharu dengan semangat mereka. Semoga saja apa yang mereka pelajari hari ini dapat bermafaat di kemudian hari.

Hasil karya detech 2011 bersama Ketua RW sekitar

Saya mengucapkan Terima kasih banyak atas seluruh partisipasi rekan-rekan panitia khususnya yang benar-benar meluangkan waktunya untuk memikirkan dan melaksanakan kegiatan ini dari awal hingga akhir tadi pagi. Semoga ALLAH SWT membalas segala amal kebaikan saudara-saudaraku semua. Amin ya rabbal alamin

Closing Detech 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s